Kolaborasi BEM Fikom Unisba x DPR RI

Baru saja satu minggu yang lalu Universitas Islam Bandung disambangi oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, Kamis (22/11/2019) Fakultas Ilmu Komunikasi tak kalah ramai dengan kedatangan tamu dari elite politik legislatif negara, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.
Bukan hanya Fahri Hamzah, acara yang bertajuk Seminar Nasional dan Simulasi Sidang DPR RI Revisi UU Narkoba dengan tema “Pemuda Melawan Narkoba” itu juga dihadiri oleh Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf. Tak kalah penting, hadir juga Kepala BNNP Jawa Barat Sufyan Syarif yang juga membawa armada dari BNN (Badan Narkotika Nasional) untuk memberikan penyuluhan kepada mahasiswa agar terhindar dari malapetaka narkoba.

Acara tersebut merupakan kerjasama antara BEM Fikom Unisba dengan DPR RI. Alih-alih tahun politik, BEM Fikom Unisba tak ragu untuk mengundang tokoh-tokoh elite politik yang juga terlibat dalam partai politik yang notabene sedang dalam pertarungan kontestasi politik. Selama bermuatan informasi-informasi positif dan demi pengembangan nalar kritis mahasiswa Fikom, program kerja apapun akan diusahakan agar terlaksana.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu dua hari, yaitu pada tanggal 22 – 23 November 2018. Pada hari pertama, terdapat Opening Ceremony yang menghadirkan Pasuma dan LSBS Unisba sebagai pengisi acara. Di hari pertama pula, terdapat Pembukaan Parlemen Kampus sekaligus Keynote Speech yang disampaikan oleh Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR RI). Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Panel 1, dengan moderator Kabag Humas sekaligus Dosen Fikom, Tresna Wiwitan. Dalam Diskusi Panel 1 ini menghadirkan dua narasumber, Muhammad Nasir Djamil (Anggota Komisi III DPR RI) dan Brigjen. Pol. Sufyan Syarif (Kepala BNNP Jawa Barat).

Masih di hari yang sama, terdapat Diskusi Panel 2 sekaligus Pembekalan Simulasi Sidang. Pada kesempatan ini, Y.O.I Tahapari sebagai moderator yang memandu jalannya diskusi bersama ketiga narasumber lainnya, yaitu Indra Iskandar (Sekjen DPR RI), Dede Yusuf (Ketua Komisi IX DPR RI), dan Damayanti (Deputi Bidang Persidangan DPR RI).

Kegiatan Parlemen Kampus 2018 berlangsung hingga hari kedua, tanggal 23 November.
Pada hari kedua, dilaksanakan kegiatan Simulasi Sidang DPR RI yang dipandu langsung oleh para Staf Humas Sekjen DPR RI. Pada kegiatan ini, partisipan akan melaksanakan Simulasi Sidang layaknya Sidang yang dilaksanakan oleh DPR RI. Para partisipan dibagi berdasarkan fraksi-fraksi yang telah ditentukan sebelumnya. Tak hanya sekedar menyelenggarakan Simulasi Sidang saja, namun, di akhir kegiatan ini terdapat pengumuman Peserta Simulasi Sidang Terbaik. Dimana terdapat tiga peserta terbaik dipilih secara langsung oleh Humas Sekjen DPR RI, yang telah memenuhi kriteria sebagai peserta terbaik.
Tiga peserta terbaik Simulasi Sidang DPR RI ini, diantaranya Raka Farhan (Unisba), M.Rafi (Unisba), dan Usep Mulyadi (Unpad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kalender
November 2018
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930