Lembaga Kemahasiswaan

 

Kegiatan kampus tidak hanya berfokus pada aktivitas belajar meng¬ajar di kelas. Disadari bahwa upaya pengembangan kualitas mahasiswa seutuhnya harus menyeimbangkan faktor hard skill (teori di ruang kelas) dan soft skill (di luar perkuliahan). Guna menunjang hal tersebut, maka Kasie Kemahasiswaan di bawah Wakil Dekan 1 memfasilitasi sejumlah kegiatan dan mengembangkan organisasi kemahasiswaan bersama-sama dengan mahasiswa. Saat ini, kegiatan kemahasiswaan berlangsung dengan aktif dan dinamis dalam wadah 5 (lima) lembaga kemahasiswaan, yaitu:

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),
  • Dewan Amanat Mahasiswa (DAM),
  • Keluarga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ),
  • Hima Public Relations (Hima PR), dan
  • Keluarga Mahasiswa Manajemen Komunikasi (KMMK).

Kegiatan yang terselenggara mencakup pengembangan keorganisasian dan leadership capacity building, peringatan hari besar tertentu seperti Hari Kartini, May Day, Milad Fikom dalam bentuk pemberian award, sharing ideas, dan orasi, pembentukan embrio smart community dalam wadah kelompok ilmiah mahasiswa “Talungtik”, seminar, talk show, dan lain-lain. Mulai Tahun Akademik 2010/2011, kegiatan Taaruf dan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) secara resmi dipegang oleh Fakultas, guna menjamin pelaksanaan Taaruf dan PPMB yang akuntabel serta tetap berada dalam koridor ilmiah. Kendati demikian, pelaksanaan maupun konsepnya melibatkan partisipasi aktif mahasiswa.

Melalui wadah organisasi kemahasiswaan, mahasiswa dapat mengajukan inisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan yang terbagi menjadi aktivitas penalaran dan akademik, kaderisasi, dan pengembangan minat-minat khusus. Untuk mengajukan kegiatan di bawah bendera organisasi kemahasiswaan, mahasiswa harus terlebih dulu menjadi anggota dari organisasi kemahasiswaan. Syarat menjadi anggota organisasi kemahasiswaan adalah sudah menjalani perkuliahan sedikitnya selama 2 semester. Artinya, mahasiswa baru yang sedang menjalani perkuliahan tahun per-tama belum boleh bergabung dalam organisasi kemahasiswaan manapun, karena tahun pertama merupakan masa persiapan kritis bagi mahasiswa baru yang sedang berpindah budaya akademik dari budaya SMA ke budaya kampus.

Kalender
December 2018
M T W T F S S
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31