Fikom Unisba Selenggarakan Studium Generale ‘Digital Communication in Islamic Perspective’

KOMHUMAS-Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba), menyelenggarakan Studium Generale ‘Digital Communication In Islamic Perspective’ dengan narasumber Rektor LSPR Institute of  Communication & Business, Dr. Andre Ikhsano, M.Si., yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Dekanat Unisba, Jumat (17/02/2023).

Andre  mengatakan, teknologi digital saat ini sangat cepat berkembang. Menurutnya, manusia jangan diperbudak oleh teknologi digital, tapi  harus menjadi kawan dan tuan dari teknologi.

“Teknologi tidak boleh membelenggu manusia. Kita harus betul-betul merdeka dari hipnotisme media digital dan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital dengan bijak,” ujarnya.

Alumni Fikom Unisba angkatan 1994 ini menuturkan, dalam memanfaatkan teknologi harus berlandaskan akhlakul karimah yang ditambah dengan literasi digital yang kuat. “Manusia kalau mau kuat tentu sangat tepat ketika dipayungi oleh akhlakul karimah, ditambah dengan penguasaan literasi yang kuat dan teoritis yang bagus. Mau sehebat apa pun teknologi tersebut berkembang, asal agamanya kuat maka akan aman,” katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan panduan medsosiah dalam Al Quran yakni berlandaskan pada surat Al Hujurat ayat 6 dengan selalu cek dan ricek kebenaran berita yang diterima agar tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan dan kecerobohan, Surat Al Hujurat  ayat 11 yang didalamnya terdapat larangan untuk merendahkan, menertawakan, mengejek, dan mencela diri sendiri maupun orang lain atau tidak memanggil dengan nama semestinya, serta  Surat Al Ahzab ayat 70 yang isinya agar selalu mengucapkan perkataan yang benar bukan hoax.

Sementara itu, Dekan Fikom Unisba, Prof. Dr. Atie Rachmiatie, Dra., M.Si., mengatakan, kegigiatan ini terlaksana dengan tujuan untuk menambah wawasan dan memberikan salah satu paradigma atau perspektif yang berbeda dari digital communication.***

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Archives