Program Doktor Ilmu Komunikasi

Prodi Doktor Ilmu Komunikasi diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pendalaman dan perluasan IPTEKS baru melalui riset, menyelesaikan masalah dengan pendekatan multi atau transdisiplin, memiliki kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi, serta mengembangkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis dan kepaduan pemecahan permasalahan.

Pada tanggal 23 Maret 2022, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung telah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 166/E/O/2002 tentang izin pembukaan penyelenggaraan pendidikan Program Doktor (S3) Ilmu Komunikasi dengan penguatan filosofis dan teoritis ilmu komunikasi yang berlandaskan nilai-nilai islam.

Keunggulan dan karakteristik yang dimiliki Prodi Doktor Ilmu Komunikasi Unisba, antara lain:

  1. Seluruh mata kuliah mengandung 10% – 20% nilai-nilai keislaman yaitu nilai keadilan, keseimbangan, proposional, dan kemaslahatan, sekaligus menjadi salah satu keunikan dan keunggulan Doktor Ilmu Komunikasi Unisba. Hal ini menjadi comparative dan competitive advantage
  2. Adaptif terhadap perkembangan teknologi (media digital) dan tetap berguna bagi pengembangan peradaban dan kesejahteraan masyarakat dengan fokus mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan.
  3. Pendidikan akademik mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan konsep Outcome Based Education (OBE).

VISI

“Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Komunikasi yang menghasilkan Doktor berkualitas dan unggul di kawasan Asia berbasis teknologi digital yang berlandaskan nilai-nilai Islam pada tahun 2033”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Doktor Ilmu Komunikasi untuk menghasilkan doktor yang mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi komunikasi yang berlandaskan nilai-nilai Islam;
  2. Mengembangkan penelitian dan karya inovatif yang aktual, kreatif, original, dan teruji dalam menyelesaikan masalah di masyarakat serta mendapat pengakuan nasional dan internasional;
  3. Mengelola dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Menjadi lulusan yang Mujahid, Mujtahid, dan Mujaddid (Statuta Unisba Pasal 3) dalam bidang:

  1. Profesional Komunikasi; Lulusan Doktor Ilmu Komunikasi Unisba merupakan individu yang mampu melakukan pengembangan konsep-konsep keilmuan komunikasi islami yang akan diimplementasikan dalam profesinya
  2. Ilmuwan dan Peneliti Komunikasi; Lulusan Doktor Ilmu Komunikasi Unisba merupakan individu yang mampu bertindak dalam mengelola, memimpin, dan mengembangan riset komunikasi yang berbasis nilai-nilai islam sesuai dengan keilmuannya yang bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Komunikasi dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
  3. Manajer Komunikasi; Lulusan Doktor Ilmu Komunikasi Unisba merupakan individu yang mampu mengembangkan diri sebagai pemimpin di bidang komunikasi yang berjiwa  Mujahid, Mujaddid, dan Mujtahid yang memiliki kemampuan atau kompetensi di bidang pekerjaannya sesuai dengan learning outcome di atas yang dapat dimanfaatkan di beberapa instansi/perusahaan/dll
  4. Konsultan dan Perencana Komunikasi; Lulusan Doktor Ilmu Komunikasi Unisba merupakan individu yang mampu dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat dibidang komunikasi melalui pendekatan nilai-nilai islam serta memiliki kemampuan atau kompetensi di bidang keahliannya sesuai dengan learning outcome di atas yang dapat dimanfaatkan di beberapa instansi/ departemen/ perusahaan

– Gedung Perkuliahan Jl. Purnawarman No.59 Bandung

– Online Learning System

– Perpustakaan Online (https://elibrary.unisba.ac.id)

 

Mata Kuliah Wajib Sebidang:

  1. Filsafat dan Paradigma Komunikasi (4 sks)
  2. Kajian Komunikasi Islam (3 sks)
  3. Pengembangan Penelitian Ilmu Komunikasi (3 sks)
  4. Sistem Komunikasi dan Teknologi Digital (4 sks)

Mata Kuliah Pilihan

  1. Komunikasi Dalam Perspektif Psikologi
  2. Teori Komunikasi Kontemporer
  3. Komunikasi Dalam Perspektif Sosiologi
  4. Manajemen Komunikasi Bisnis (Business Communication Management)
  5. Manajemen Komunikasi Politik
  6. Manajemen Komunikasi Pendidikan
  7. Manajemen Komunikasi Kesehatan
  8. Komunikasi Pemasaran dan Reputasi
  9. Strategi Media dalam Komunikasi Politik
  10. Kampanye dan Pemasaran Politik
  11. Metode Komunikasi dan Model Pembelajaran
  12. Strategi Media dan Promosi Kesehatan

– Ujian Kualifikasi

– Seminar Proposal

– Seminar Ilmiah Internasional

– Seminar Hasil Penelitian

– Publikasi Artikel Jurnal Terindeks

– Ujian Disertasi Tertutup

– Ujian Disertasi Terbuka (Sidang Promosi Doktor)