KOMINPRO – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Islam Bandung (Unisba) menyelenggarakan pertemuan bertajuk Persiapan Validasi Skema dan Persiapan Uji Coba Materi Uji Kompetensi (MUK) di Student Center Unisba. Kegiatan yang digelar Selasa (17/11) ini diikuti oleh 27 dosen yang sebelumnya telah mengikuti workshop penyusunan skema. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mewadahi dosen dari setiap prodi dalam mengembangkan kemampuannya melakukan uji kompetensi.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Unisba (LSPU), Dr. Kiki Zakiah, Drs., M. Si, mengatakan, target kegiatan ini adalah untuk memperbanyak skema uji kompetensi yang akan dikembangkan di LSPU karena sebelumnya Unisba sudah mengadakan pelatihan asesor dari berbagai fakultas. Setelah mengikuti kegitan ini, selanjutnya para asesor akan mendapat tugas untuk melakukan perluasan ruang lingkup terhadap 21 skema yang diajukan.

Dr. Kiki mengatakan, mengingat banyak Perguruan Tinggi yang sudah mewajibkan Uji Kompetensi bagi mahasiswanya, maka Unisba harus mengejar apa yang sudah ditetapkan oleh SN Dikti. Belua menuturkan, dalam waktu dekat Unisba harus segera melakukan uji coba MUK kepada mahasiswa.

”Uji coba bisa dilakukan apabila MUK sudah komplit dengan pertanyaan, jawabannya, observasi dan SOP nya. Hal ini bisa dilakukan oleh Bapak dan Ibu sebagai anggota komite skema,” ujarnya.

Bu Kiki menambahkan, merujuk pada peraturan Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, saat ini lulusan perguruan tinggi tidak bisa hanya mengandalkan ijazah sebagai bekal utama dalam mencari pekerjaan, namun harus dibekali Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Menurutnya, sertifikasi menjadi salah upaya untuk mengukur kompetensi lulusan perguruan tinggi dalam menguasai bidang keahliannya.

“Dengan diselenggarakannya uji kompetensi berarti kita telah memenuhi peraturan yang ditetapkan DIKTI bahwa setiap lulusan berhak mendapatkan ijazah, transkrip nilai, SKPI, dan sertifikat kompetensi. Banykanya lulusan yang telah teruji kompetensinya juga akan meningkatkan status prodi, fakultas, dan institusi dalam pengisian borang,”tuturnya.

Upcoming Events

CONTACT US

Jl. Tamansari No. 24-26, Gedung dekanat Unisba Lantai 7, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

(022)4203368