Meningkatkan Publikasi Ilmiah Bagi Dosen Dan Mahasiswa, Fikom Unisba Menyelenggarakan Kuliah Umum Bertajuk ‘Menembus Jurnal Internasional Bereputasi’

Sesuai dengan peran dan fungsinya, dosen memiliki kewajiban untuk melakukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitan dan pengabdian pada masyarakat. Terkait dengan kegiatan penelitian, dosen juga dituntut untuk mempublikasikan karya ilmiahnya secara luas kepada publik agar terasa kebermanfaatannya bagi masyarakat. Dalam publikasi ilmiah tersebut, para dosen yang juga sekaligus peneliti ini wajib mengumumkan hasil pemikiran, temuan, analisis, simpulan, serta implikasi dari hasil penelitiannya secara luas, bukan hanya sekedar didokumentasikan di perpustakaan saja. Kebermanfaatan hasil penelitian ini, diharapkan tidak hanya pada publikasi ilmiah di level nasional saja, namun juga sampai di level internasional.

Publikasi ilmiah pada jurnal internasional merupakan alat untuk membangun reputasi, baik reputasi individu dosen, maupun reputasi dari perguruan tinggi tempatnya mengabdi. Melalui internet, artikel ilmiah yang dipublikasi tersebut dapat diakses, dibaca dan disitasi oleh para akademisi lintas negara dan menjangkau seluruh dunia. Sitasi pada artikel ilmiah yang dipublikasikan tersebut merupakan indikasi konten dalam artikel tersebut layak dan teruji secara ilmiah sebagai sumber pengembangan keilmuan. Dosen yang karya ilmiahnya banyak disitasipun akan mendapatkan h-index yang tinggi. H-indeks adalah matriks pengukuran dampak dan produktivitas seorang peneliti, yang menjadi bukti indikator pengakuan dunia akademik terhadap eksistensi dan kualitas dari peneliti tersebut.

Tidak hanya dosen, saat ini mahasiswa juga dituntut untuk menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan secara luas sebagai bentuk kontribusinya dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Demikian pula yang diterapkan di lingkungan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba), dimana mahasiswanya baik mahasiswa di tingkat Sarjana (S1), Magister (S2), maupun Doktor (S3), wajib membuat karya ilmiah yang diterbitkan dalam prosiding dan/atau jurnal ilmiah.

Untuk meningkatkan publikasi ilmiah di level internasional, Fikom Unisba menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum bertajuk ‘Menembus Jurnal Internasional Bereputasi’ bagi para dosen dan mahasiswa, khususnya mahasiswa S2 dan S3 di lingkungan Fikom Unisba. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juli 2023, di Ruang Rapat 1-4, Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unisba, Jalan Hariangbanga No 4 Bandung. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Assoc. Prof. Dr. Normah Mustaffa, Dosen School of Media and Communication Studies, Universiti Kebangsaan Malaysia,

Pada kesempatan ini, narasumber yang juga merupakan Editor in Chief Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, Universiti Kebangsaan Malaysia, memaparkan materi tentang langkah-langkah untuk menulis artikel yang lebih baik. Assoc Prof. Dr. Normah Mustaffa menyatakan, “Dengan memperhatikan langkah-langkah ini, mulai dari memilih topik yang relevan, meninjau literatur yang relevan, mendefinisikan tujuan penelitian dengan jelas, merancang metode yang tepat, mendeskripsikan hasil dan temuan penelitian, menyajikan struktur yang koheren, menuliskan dengan jelas dan ringkas, mengikuti panduan penulisan jurnal, merevisi penulisan serta mempertimbangkan etika, maka akan menghasilkan artikel ilmiah yang lebih baik.”

Selain itu, narasumber juga memaparkan tips untuk mempublikasikan artikel ilmiah ke dalam jurnal bereputasi. Dalam kesempatan ini juga, Dekan Fikom Unisba, Prof. Dr. Atie Rachmiatie, Dra., M.Si. mengatakan, “Kegiatan ilmiah semacam ini perlu dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi para dosen serta mahasiswa agar dapat mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal internasional bereputasi.”

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh moderator Alexandria Cempaka Harum, S.I.Kom., M.I.Kom., selaku Dosen Fikom Unisba. Dalam sesi diskusi ini membahas upaya dan strategi dalam menulis artikel ilmiah dengan target dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Narasumber juga menyampaikan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menembus jurnal ilmiah bereputasi, yaitu diantaranya dengan memilih jurnal yang tepat, mengikuti panduan jurnal yang dituju, melakukan penelitian yang ketat kebaruannya, menulis manuskrip yang jelas dan ringkas, merespon komentar reviewer, kolaborasi dengan para ahli, menggunakan literatur yang up to date, berjejaring dan mengikuti berbagai konferensi, sabar, serta meminta bantuan dari editor atau proofreaders profesional jika diperlukan.***

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Archives